NAMA : IDA AGUSTINA
NIM : A310110072
KELAS: B
ASLI
PENINGKATAN
KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD
DALAM
MENULIS LAPORAN PERJALANAN
MELAUI
PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY, DAN KINESTETIC)
SISWA
KELAS VIIIc SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN
2010/2011
RETNO
INDRA WATI, A310070256, Program Studi Pendidikan bahasa Sastra
Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Abstrak
Tujuan
umum penelitian ini adalah untuk meningktkan kemampuan penguasaan EYD
dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (visual,
Auditory, dan Kinestetic) pada
siswa kelas VIIIc di SMP Muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran
2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah sisiwa kelasVIIIc
Muhammadiyah berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan
dalam informan, yakni:
murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah, tempat berlangsungnya
aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun
diluar kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini
memnggunakan dua macam tringualasi, yang pertama tringualasi sumber
data yang berupa informasi guru dan siswa tentang tindakan yang
diterapkan, dan yang kedua tringualasi teknik pengumpulan data dari
hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini
terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning),
pelaksanaan (acting), pengamatan
(observing), dan
refleksi (reflecting). Penelitian
ini dilaksnakan melalui tiga siklus. Penelitian tindak kelas
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis
laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa.
Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan bahwa penggunaan pendekatan
VAK dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan
perjalanan siswa kelas VIIIc SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hal
tersebut dibuktikan oleh (1) kualitas proses pembelajaran penguasaan
EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa meningkat. Hal ini
terbukti dari minat dan motivasi siswa, konsentrasi siswa terfokus,
dan siswa aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan, (2)
adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam
menulis laporan perjalanan. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerolehan
nilai dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan
pihak sekolah sebesar 65. Pada pra siklus nilai siswa yang memenuhi
KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan
pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM
sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yangf
mendapat sekor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%) dari 36
siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan
berhasil mencapai KKM.
Kata kunci:
strategi
pembelajaran, pendekatan VAK (Visual,Auditory, dan Kinestetik),
memahami EYD, laporan perjalanan.
REPRODUKSI
PENINGKATAN
KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD
DALAM
MENULIS LAPORAN PERJALANAN
MELAUI
PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY, DAN KINESTETIC)
SISWA
KELAS VIIIc SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN
2010/2011
RETNO
INDRA WATI, A310070256, Program Studi Pendidikan bahasa Sastra
Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Abstrak
Tujuan penelitina ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang
proses melaksanakan pendekatan VAK (Visualization, Auditory, dan
Kinestetic) untuk meningkatkan kualitas proses menguasai EYD dan
untuk mendeskripsikan serta menjelaskan penggunaan pendekatan VAK
dapat meningkatkan hasil belajar siswa menguasai EYD dalam menulis
laporan perjalanan pada siswa kelas VIIIc di SMP Muhammadiyah 5
Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan siswa yang berjumlah 38 jiwa.
Narasumber yang meliputi murid, guru mata pelajaran, dan kepala
sekolah. Lokasi yang digunakan yaitu tempat berlangsungnya aktivitas
pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun diluar kelas.
Teknik pengumpulan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Penelitian ini memnggunakan dua macam tringualasi, yang
pertama tringualasi sumber data yang berupa informasi guru dan siswa
tentang tindakan yang diterapkan, dan yang kedua tringualasi teknik
pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Dalam
penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu perencanaan (planning),
pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan
refleksi (reflecting). Penelitian tindak kelas diharapkan
dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan
perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa. Melalui
pendekatan VAK (Visualizaton, Auditory, dan Kinestetic) dalam
menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIc SMP Muhammadiyah 5
Surakarta diperoleh hasil yang mengejutkan, bahwa (1) proses
pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa
mengalami peningkatan menjadi lebih baik dan berkualitas, (2) adanya
peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis
laporan perjalanan serta membut siswa semakin mudah dalam mengerjakan
laporan perjalanan dengan menggunakaan EYD yang baik dan benar.
Disetiap siklus yang ada, terlihat perubahan dan peningkatan nilai
rata-rata siswa. Terlihat pada pra siklus nilai siswa yang memenuhi
KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan
pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM
sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yangf
mendapat sekor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%) dari 36
siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan
berhasil mencapai KKM.
Kata Kunci :
strategi
pembelajaran, pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic),
memahami EYD, laporan Perjalanan.