Minggu, 10 Juni 2012


NAMA : IDA AGUSTINA
NIM     : A310110072
KELAS: B



ASLI



PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD
DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN
MELAUI PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY, DAN KINESTETIC)
SISWA KELAS VIIIc SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN
2010/2011


RETNO INDRA WATI, A310070256, Program Studi Pendidikan bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.


Abstrak


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningktkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (visual, Auditory, dan Kinestetic) pada siswa kelas VIIIc di SMP Muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah sisiwa kelasVIIIc Muhammadiyah berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dalam informan, yakni: murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah, tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun diluar kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini memnggunakan dua macam tringualasi, yang pertama tringualasi sumber data yang berupa informasi guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan yang kedua tringualasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksnakan melalui tiga siklus. Penelitian tindak kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa.
Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan bahwa penggunaan pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIc SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan oleh (1) kualitas proses pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa meningkat. Hal ini terbukti dari minat dan motivasi siswa, konsentrasi siswa terfokus, dan siswa aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerolehan nilai dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 65. Pada pra siklus nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yangf mendapat sekor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%) dari 36 siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan berhasil mencapai KKM.

Kata kunci:
strategi pembelajaran, pendekatan VAK (Visual,Auditory, dan Kinestetik), memahami EYD, laporan perjalanan.



REPRODUKSI

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD
DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN
MELAUI PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY, DAN KINESTETIC)
SISWA KELAS VIIIc SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN
2010/2011


RETNO INDRA WATI, A310070256, Program Studi Pendidikan bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.


Abstrak

Tujuan penelitina ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang proses melaksanakan pendekatan VAK (Visualization, Auditory, dan Kinestetic) untuk meningkatkan kualitas proses menguasai EYD dan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan penggunaan pendekatan VAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa menguasai EYD dalam menulis laporan perjalanan pada siswa kelas VIIIc di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan siswa yang berjumlah 38 jiwa. Narasumber yang meliputi murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah. Lokasi yang digunakan yaitu tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun diluar kelas. Teknik pengumpulan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini memnggunakan dua macam tringualasi, yang pertama tringualasi sumber data yang berupa informasi guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan yang kedua tringualasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian tindak kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa. Melalui pendekatan VAK (Visualizaton, Auditory, dan Kinestetic) dalam menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIc SMP Muhammadiyah 5 Surakarta diperoleh hasil yang mengejutkan, bahwa (1) proses pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dan berkualitas, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan serta membut siswa semakin mudah dalam mengerjakan laporan perjalanan dengan menggunakaan EYD yang baik dan benar. Disetiap siklus yang ada, terlihat perubahan dan peningkatan nilai rata-rata siswa. Terlihat pada pra siklus nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yangf mendapat sekor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%) dari 36 siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan berhasil mencapai KKM.

Kata Kunci :
strategi pembelajaran, pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic), memahami EYD, laporan Perjalanan.